- Inovasi Spray Luka Bakar Siswa MAN 4 Bantul Ciptakan Spray dengan SPF untuk Sembuhkan Lindungi Kulit
- Optimalisasi Energi Panas Dua Siswi MAN 4 Bantul Hadirkan Solusi Inovatif Energi Terbarukan
- Estafet Kepemimpinan KKMA Bantul, Syaefulani Nahkodai Kolaborasi Madrasah Menuju Era Baru
- Rohis MAN 4 Bantul Hadiri FORKAB 2025, Semangat Ukhuwah Menggema di Masjid Agung Manunggal
- Matangkan Persiapan, MAN 4 Bantul Gelar Gladi untuk Suksesnya ANBK Agustus Mendatang
- Kuatkan Sinergi, MAN 4 Bantul Gelar Rapat Revitalisasi Komite Demi Pendidikan Bermutu
- Satu-Satu Menyetor, Semua Dibina: BTQ MAN 4 Bantul Hadirkan Suasana Khidmat di Setiap Kelas
- Dedikasi Tanpa Batas, Drs. Akhid Widi Rahmanta Penjelajah Peta MAN 4 Bantul Terima SK Purnatugas
- Membentuk Generasi Qurani, Tim PAI MAN 4 Bantul Matangkan Teknis Program BTQ
- Generasi Emas Tanpa NAPZA, Siswa MAN 4 Bantul Dapat Penyuluhan Inspiratif dari Forlanza
Siap Laksanakan Kurikulum Merdeka, MAN 4 Bantul Gelar Workshop

Keterangan Gambar : Siap Laksanakan Kurikulum Merdeka, MAN 4 Bantul Gelar Workshop
Bantul (MAN 4 Bantul) – Berbagai upaya dilakukan MAN 4 Bantul untuk meningkatkan mutu pendidikan, seperti melengkapi sarana prasarana, hingga meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Upaya untuk meningkatkan kualitas guru dan pegawai, MAN 4 Bantul menyelenggarakan Workshop “Penguatan Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Pada Madrasah” pada Sabtu (04/02/2023) bertempat di Hotel Royal Malioboro by Aston. Dalam kesempatan tersebut hadir narasumber Bapak Wardi, S.Pd (Waka Kurikulum SMA 3 Surakarta), Hj. Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum dan Sriyanto, M.Pd (Guru SMA 2 Bantul) didampingi Dra. Ening Yuni Sholeh Astuti, M.A (Pengawas Madrasah).
Workshop dibuka langsung oleh H. Abd Suud, S.Ag., M.S.I dalam sambutannya ia berpesan agar para guru tidak hanya menjadi Central Of Learning tapi menjadi penggerak dan berakselerasi dengan tren kurikulum merdeka yang semakin dinamis dan inovatif.
“Guna menyambut kurikulum merdeka para guru tak hanya berfokus pada esensi materi, madrasah juga menyiapkan SDM seiring dengan kebijakan dari Kepala Madrasah maka akan diikuti pula dengan peningkatan sarana prasarana madrasah,” ujar Suud.
Baca Lainnya :
- OSIS MAN 4 Bantul Terlibat Penuh dalam Kegiatan Try Out ASPD2
- Dua Puluh Peserta Tryout ASPD dengan Nilai Tertinggi Mendapat Kesempatan Gabung MAN 4 Bantul 0
- Tanamkan Etika Digital, Siswa MAN 4 Bantul Ikuti Seminar Siberkreasi0
- Waka Humas MAN 4 Bantul Antusias Ikuti Bimtek Pengelolaan Teknologi Informasi dan Jurnalistik0
- Tegakkan Sifat Disiplin Pada Siswa, BK MAN 4 Bantul Lakukan Sidak0
Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Beliau menjelaskan tentang keunggulan kurikulum merdeka yang memudahkan metode pembelajaran pada guru dan siswa.
“Siswa diberikan kebebasan pengembangan karakter dalam pembelajaran didalam kelas, sehingga guru diminta untuk membuat alur tujuan konsep pembelajaran sesuai dengan standar dan kondisi sekolah,” ujar Wardi
Wardi juga menjelaskan 3 aspek dalam Kurikulum Merdeka: Perencanaan (administrasi, berupa dokumen: ada CP, ATP, Modul ajar), Implementasi, memerlukan strategi dalam pelaksanaannya, ketika melaksanakan berhasil atau tidaknya diperlukan “assesment”.
Masuki penjelasan berikutnya oleh Sriyanto, M.Pd tentang pembelajaran Berdiferensiasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan P2RA. Sriyanto menjelaskan implementasi kurikulum merdeka harus sesuai dengan pemetaan kebutuhan siswa berdasar kesiapan belajar. Dilanjutkan dengan penjelasan karakteristik pembelajaran berdiferensi yaitu lingkungan madrasah, tujuan pembelajaran yang jelas, menanggapi dan merespon kebutuhan siswa serta manajemen kelas efektif.
Sesi terakhir pada workshop kali ini penjelasan tentang Kebijakan Kurikulum Merdeka pada Madrasah dan Kurikulum Operasional Madrasah oleh Hj. Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum didampingi Dra. Ening Yuni Sholeh Astuti, M.A selaku Pengawas MAN 4 Bantul. Pada pemaparannya Anita menjelaskan definisi Kurikulum Operasional Madrasah yaitu Rencana proses belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran membangun madrasah. Acara berjalan dengan lancar, selesai pemaparan materi acara dilanjutkan dengan tanya jawab dari beberapa guru. (sof/ica)
