WORKSHOP PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PENILAIAN MADRASAH DAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

By Aris Ginanjar Minggu,10 Jul 2022, 20:53:23 WIB | 505 Kali Dilihat Berita Madrasah
WORKSHOP PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PENILAIAN MADRASAH DAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Kemenag Depok, Asnawi membuka kegiatan Workshop Pendampingan Implementasi Penilaian Madrasah Dan Penerapan Kurikulum Merdeka


Cilodong (HUMAS Depok),_ Pelaksanaan Workshop Pendampingan Implementasi Penilaian Madrasah dan Penerapan Kurikulum Merdeka merupakan salah satu program di seksi pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Depok Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan pada, selasa, (5/7/2022) di Gedung IGRA Kota Depok Jl. Mandor Samin Kalimulya Cilodong. Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, Asnawi didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Ahmad Sadeli serta Panitia dari Seksi Pendidikan Madrasah.

Dalam laporannya Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Ahmad Sadeli menyampaikan, bahwa Kegiatan diikuti oleh 20 peserta terdiri dari unsur pengawas MI sebanyak 6 peserta, MTs 4 peserta dan MA sebanyak 4 Peserta dalam lingkungan kantor Kementerian Agama Kota Depok.

“Maksud dari kegiatan ini adalah dengan mensosialisasikan Kurikulum Merdeka yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan akan diberlakukan mulai tahun pelajaran 2022/2023. Konsep dari Kurikulum Merdeka antara lain adanya penyederhanaan kurikulum, memberi ruang kreasi dan fleksibilitas satuan pendidikan dalam pengelolaan pembelajaran,” tutur Ahmad Sadeli.

Baca Lainnya :

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Depok, Asnawi mengungkapkan, bahwa Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran abad-21 serta perkembangan dunia yang sangat dinamis dan tidak menentu, maka diperlukan pola baru dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran pada madrasah.

“Madrasah harus senantiasa melakukan perubahan dan perbaikan berkelanjutan, berani melakukan inovasi atau terobosan baru, serta memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal untuk meningkatkan mutu layanan kepada seluruh warga madrasah. Madrasah harus memiliki otonomi dalam mengelola pendidikan dan kemandirian dalam berkreasi, berinovasi, menciptakan layanan yang humanis, ramah, serta adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu Kementerian Agama RI senantiasa mendorong dan memberi ruang yang seluas-luasnya kepada madrasah dalam mengembangkan kurikulum operasional pada tingkat satuan pendidikan, sesuai potensi dan kekhasan madrasah,” ungkapnya.

Berdasarkan fakta di atas, maka penilaian terhadap madrasah diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan kualitas satuan pendidikan tersebut dan membangun kemandirian madrasah. Oleh karena itu salah satu kegiatan yang perlu dilakukan guna mewujudkan penyelenggaran Penilaian Madrasah dan Penerapan Kurikulum Merdeka agar sesuai dengan standar nasional pendidikan perlu dilaksanakan kegiatan “Workshop Pendampingan Implementasi Penilaian Madrasah dan Penerapan Kurikulum Merdeka” sangat diperlukan dalam rangka penyelenggaraan Implementasi Penilaian Madrasah dan Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai pemetaan dasar dari kualitas pendidikan yang nyata di lapangan.

Kegiatan Workshop diisi oleh 2 pemateri yakni Dra. Inti Farhati, MA dari Cordova Development and Training Center dan Ijah Sopiah, M.Pd dari Komisi Pelaksanaan Akreditasi (KPA). Adapun Materi yang disampaikan mengenai Implementasi Penilaian Madrasah dalam Standar Pendidikan Nasional dan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan.

 

Kontributor berita : Rofiqoh (Pelaksana Seksi Pendidikan Madrasah)

Editor : Lan Stiawan




View all comments

Tulis Komentar


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.