Tugas Membuat Nutrisi Hidroponik AB Mix

Bacalah dengan baik!

1. Anda adalah calon wirausahawan muda yang akan memulai usaha budidaya tanaman sayuran menggunakan sistem Hidroponik. Alhamdulillah kit Hidroponiknya telah terbeli seharga Rp2.500.000. Pengusaha akan membuat sendiri nutrisi tanamannya; bak nutrisi berukuran: panjang 55 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 43 cm. Dengan ini maka Anda harus membuat berapa liter untuk mencukupi 1 bak. Buatlah dengan ukuran gelas apabila 1 gelas = 250 cc.

2. Untuk membuat nutrisi, buatlah kelompok, dalam 1 kelas buat menjadi 2 kelompok (anggota campuran).

- Setiap kelompok membuat 1 liter, tempatkan dalam botol bekas aqua

- Air mengambil dari bak penampungan kit hidroponik

- Formula untuk pembuatan AB Mixnya, sebagai berikut:

# Formula untuk 10 L larutan

Alat dan Bahan:

  • Pupuk NPK 16 – 16 – 16 sebanyak 10 gr (bisa menggunakan pupuk NPK yang dijual di pasaran seperti NPK Mutiara sebanyak 1 sendok makan, atau jika Anda ingin meracik pupuk sendiri Anda dapat mempelajarinya di cara membuat pupuk gandasil di rumah)
  • Pupuk KCL 10 gr atau setara dengan 1 sendok makan
  • Pupuk Gandasil D – Growmore hijau sebanyak 1/2 sendok makan
  • Air sumur atau air sungai sebanyak 10 L (jika tidak memungkinkan, Anda dapat pula menggunakan air PDAM, namun sebelum penggunaannya, penting untuk mengendapkan terlebih dahulu selama 7 – 10 hari)
  • Ember atau tong tempat penampungan dengan kapasitas air sebanyak 10 L
  • Gelas plastik bekas air mineral sebanyak 3 buah
  • Timbangan
  • Alat pengaduk

Cara Membuat:

  1. Isi 3 gelas bekas air mineral dengan masing-masing 100 ml air atau kurang lebih 1/2 gelas
  2. Larutkan pupuk NPK, KCL, dan Gandasil pada masaing-masing gelas plastik. Pastikan ketiga pupuk tersebut  terlarut dengan sempurna pada masing-masing wadahnya
  3. Setelah itu, masukkan ketiga larutan tersebut pada ember, tambahkan air sumur hingga mendapatkan larutan dengan volume mencapai 10 L (jadi tambahan air kurang lebih 9700 ml)
  4. Aduk hingga rata maka formula tersebut sudah dapat digunakan sebagai nutrisi hidroponik pada tanaman Anda.

Cara Penggunaan:

  • Untuk pertumbuhan vegetatif atau pertumbuhan tunas, Anda dapat menggunakan nutrisi AB mix ini pada tanaman sayur seperti  sawi atau kangkung. Sedangkan untuk tanaman cabe, Anda dapat menambahkan pupuk Urea sebanyak 10 gr, untuk tanaman sayur lainnya seperti terong juga mentimun, penambahan pupuk Urea yang dianjurkan adalah 15 – 20 gr pada larutan AB mix tersebut.
  • Untuk pertumbuahn generatif atau pertumbuhan bunga dan buah, Anda sebaiknya mengurangi komposisi pupuk Urea yang dicampurkan menjadi 50 % dari penambahan awal atau berkisar 5 gr untuk larutan AB mix 10 L, formula ini berlaku untuk tanaman cabe. Sementara untuk sayur jenis tomat, mentimun, dan terong penambahan Urea yang ideal adalah berkisar 7 gr untuk larutan AB mix 10 L dengan penambahan pupuk NPK sebanyak 50 % (15 – 30 gr / 10 L karutan), pupuk Gandasil D diganti dengan pupuk Gandasil B atau Growmore merah. 

(Rohan//0000-00-00 00:00:00)

Man-4 Bantul

-

Selamat Datang di MAN 4 BANTUL

(MANEMBAYO)

Madrasah Istimewa

Alamat :

Jalan Majapahit (Lingkar Timur), Pranti, Banguntapan, Bantul 55198,

Telpon (0274) 452188

 

Peta Lokasi MAN 4 Bantul Yogyakarta