PTS MAN 4 Bantul Libatkan Mahasiswa PLP UIN SUKA

Bantul (MAN 4 Bantul) - Pengembangan Kurikulum 2013 adalah untuk menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi. Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidik direncanakan dan dilaksanakan ketika proses pembelajaran berlangsung dalam rangka penjaminan mutu. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pemerintah merupakan penilaian yang dilakukan sebagai pengendali mutu, misalnya dalam bentuk Penilaian Tengah Semester (PTS).

Dengan PTS diharapkan pendidik, satuan pendidik dan pemerintah dapat melakukan penilaian yang kemudian dijadikan sebagai pengendali mutu dan acuan perancangan dan pelaksanaan program pada tahun berikutnya.

Penilaian Tengah Semester Ganjil di MAN 4 Bantul dilaksanakan pada hari ini Senin, (2/10) sampai dengan (9/10) bertempat di ruang kelas masing-masing. Adapun dalam satu hari ada tiga Mata Pelajaran (Mapel) yang diujikan dengan durasi waktu 75 menit setiap Mapel.  

Kepala MAN 4 Bantul Mohamad Yusuf berpesan dihadapan seluruh siswa jelang pelaksanaan PTS mengatakan jika penilaian yang sedang berlangsung adalah penilaian yang hasilnya berlaku dan penting bagi seluruh warga madrasah, bukan hanya sebatas terhadap siswa.

"Penilaian ini untuk kepentingan seluruh warga madrasah. Bagi para siswa, penilaian ini akan menjadi tolak ukur berhasil atau kurang berhasil dalam menjalankan kegiatan pembelajaran tiga bulan terakhir. Akan tetapi, bukan hanya sebatas itu saja yang akan dikejar dalam kegiatan ini, tetapi ada banyak hal lain yang pentingnya sama besar," demikian kata Yusuf.

Masih kata Yusuf, dalam PTS ini harapannya seluruh siswa khususnya dapat menghadapi penilaian dengan ketenangan, keseriusan, kesiapan dan keberanian untuk menjawab berdasarkan pikiran sendiri. "Mencontek atau berusaha melihat jawaban orang lain dapat sebagai bukti ril kalau yang bersangkutan tidak memiliki keyakinan kuat, tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup. Selamat menempuh ujian, berikan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik nantinya," harap Yusuf.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia PTS Supartiningsih, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan PTS kali ini melibatkan mahasiswa Program Latihan Profesi (PLP) dari Kampus UIN Sunan Kalijaga Fakultas Sains dan teknologi yang berjumlah 13. Harapan Supartiningsih dengan adanya mahasiswa PLP ini bisa membantu kelancaran pelaksanaan selama PTS berlangsung. "Semoga Penilaian Tengah Semester Ganjil di MAN 4 Bantul dapat berjalan lancar dan semua pihak yang terkait bisa bekerjasama dengan baik," ungkap Supartingsih menutup wawancara dengan tim Humas MAN 4 Bantul. (ica)


(Ari/Rohan/2017-10-23 13:03:27)

Man-4 Bantul

-

Selamat Datang di MAN 4 BANTUL

(MANEMBAYO)

Madrasah Istimewa

Alamat :

Jalan Majapahit (Lingkar Timur), Pranti, Banguntapan, Bantul 55198,

Telpon (0274) 452188

 

Peta Lokasi MAN 4 Bantul Yogyakarta